Pembahasan New Media

New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, serta memiliki 3 karakteristik utama, yaitu integrasi, interaktif, dan digital. New media bersifat jaringan, padat, mampat, dan tidak memihak.

Namun jika dilihat dari sudut pandang harfiah, media / medium mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi yakni kita-kita ini.

Beberapa contoh diantaranya mungkin adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROM, dan DVD. New Media bukanlah program televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas, kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, seperti grafis yang berisi tag-link web.


Menurut Feldman, New Media memiliki lima karakteristik, yaitu :

Pertama, media baru mudah dimanipulasi. Hal ini sering kali mendapat tanggapan negatif dan menjadi perdebatan, karena media baru memungkinkan setiap orang untuk memanipulasi dan merubah berbagai data dan informasi dengan bebas.

Kedua,  media baru bersifat networkable. Artinya, konten-konten yang terdapat dalam media baru dapat dengan mudah dishare dan dipertukarkan antar pengguna lewat jaringan internet yang tersedia. Karakteristik ini dapat kita sebut sebagai kelebihan, karena media baru membuat setiap orang dapat terkoneksi dengan cepat dan memberi solusi terhadap kendala jarak dan waktu antar pengguna.

Ketiga, media baru bersifat compressible. Konten-konten yang ada dalam media baru dapat diperkecil ukurannya sehingga kapasitasnya dapat dikurangi. Hal ini memberi kemudahan untuk menyimpan konten-konten tersebut dan men-sharenya kepada orang lain.

Keempat, media baru sifatnya padat. Dimana kita hanya membutuhkan space yang kecil untuk menyimpan berbagai konten yang ada dalam media baru. Sebagai contoh, kita hanya memerlukan satu PC yang terkoneksi dengan jaringan internet untuk dapat menyimpan berbagai informasi dari berbagai penjuru dunia dalam PC tersebut.

Kelima, media baru bersifat imparsial. Konten-konten yang ada dalam media baru tidak berpihak pada siapapun dan tidak dikuasai oleh segelintir orang saja. Karena itulah media baru seringkali disebut sebagai media yang sangat demokratis, karena kapitalisasi media tidak berlaku lagi. Setiap orang dapat menjadi produsen dan konsumen secara bersamaan dan setiap pengguna dapat berlaku aktif disana.

Pandangan Tentang New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Kemunculannya memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia dan secara langsung telah merubah pola kehidupan manusia, dimulai dari pola kehidupan masyarakat, budaya, cara berfikir, dan hampir sampai ke segala aspek dalam kehidupan manusia sendiri. Namun sejalan dalam perkembangannya, New Media juga memberikan dampak negatif, seperti dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah serta memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Manfaat New Media
Manfaat New Media adalah memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang diinginkannya. beberapa manfaat sebagai berikut:
·         Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
·         Sebagai Media transaksi jual beli.
·         Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll.
·         Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
·         Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.

Komponen New Media
-          Internet & Web
-          Personal Komputer (PC) / Notebook
-          DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
-          VCDs (Compact Discs)
-          Portable Media Player.
-          Mobile Phone.
-          Video Game/ Game Computer.
-          Virtual Reality.
-          Handphone / Smartphone.

Aplikasi New Media

1.  Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang-orang dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, menyimpan foto dan video, mencurahkan perasaan hati yang sedang dirasakan saat itu dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia. Beberapa Konten yang terdapat dalam facebook :
  • Pada bagian kanan bawah di page profil, terdapat konten chat yang berfungsi untuk chating kepada teman kita yang sedang online
  • Pada bagian atas facebook terdapat konten search engine yang berfungsi untuk mencari seseorang yang memiliki facebook
  • Pada bagian kanan di page facebook terdapat konten album foto yang  memungkinkan teman-teman kita melihat foto-foto yang ada di album kita.
  • Pada bagian kiri juga terdapat list friend yang menandakan ada berapa teman kita dan memungkinakan orang lain melihat teman kita
  • Di bagian wall terdapat konten coment, konten coment berfungsi dapat membalas wall atau update status kita.
  • Selain itu masih banyak lagi konten-konten yang tidak masuk dalam default facebook, tetapi kita dapat memasukkannya seperti konten game, deskripsi diri dan lain lain.

2. Youtube
 
YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. YouTube sangat cocok bagi orang-orang  yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena informasi di video-kan dan informasikan dalam bentuk lisan oleh authornya.
Konten yang terdapat pada YouTube :
  • Dibagian home terdapat sebuah konten yang digunakan untuk mengupload video.
  • Dibagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita melihat video – video apa saja yang terbaru dan terpopuler, selain itu dalam setiap video terdapat kolom komentar untuk mengomentari video.
  • Dibagian bawah web terdapat menu-menu yang memudahkan pengunjung, contohnya bahasa,untuk memilih bahasa yang di tampilkan saat menjelajahi web.
  • Report a bug, berfungsi untuk melaporkan jika terdapat halaman yang eror.
  • Location, berfungsi untuk menentukan daerah mana saja video yang ditampilkan.
  • Safety mode, berfungsi untuk pencarian yang akurat.

3. Wikipedia
Wikipedia merupakan ensiklopedia  bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Konten yang terdapat dalam Wikipedia :
  • Pada bagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita inginkan
  • Pada bagian kanan web terdapat pilihan bahasa yang tersedia yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami artikel yang sedang di baca
  • Pada bagian atas terdapat fitur sunting dan versi terdahulu yang berfungsi untuk menyunting artikel dengan suntingan kita yang lebih baik dibandingkan artikel sebelumnya
  • Di web ini juga dapat mencetak artikel dalam bentuk pdf yang tersedia dalam fitur di sebelah kanan web

Keuntungan New Media 
Keuntungan New Media dapat dilihat dari dalam bidang pendidikan , pencarian kerja , silaturahmi, bidang kesehatan,Bidang jual beli dll.

Bidang Pendidikan.

Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Bisa ngbrowes bahan-bahan materi yang di perlukan, lalu tidak perlu membeli buku, karena kita bisa mendowload EBOOK , EBOOk ini adalah suatu buku digital yang isinya adalah bahan materi yang ada di buku, jadi simple dan praktis, tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

Bidang Pencarian Kerja

Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan oleh orang pengangguran dan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa mengetahui lamaran-lamaran kerja , tanpa harus membeli Koran atau keliling ke berbagai perusahaan. Dan biasanya setiap instansi memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu ,lalu melihat pengumuman tentang adanya lowongan atau tidak. Serta  para pelamar kerja,  bisa melakukan pendaftar lewat online , jadi tak usah repot-repot untuk datang ke tempat instansi  yang ingin di masukkan (mengirit keuangan juga dan tidak ribet).

Bidang Silaturahmi

Ini adalah bidang yang paling banyak di akses oleh orang. Pada bidang ini banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakukan silaturahmi, contohnya Facebook,Friendster,Twitter,My Space,Yahoo Messangger,Yahoo dan lain sebagainya. Kita dengan mudah bersilaturahmi pada sanak saudara yang ada di manapun , di website ini kita juga dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan, photo, video dll. 

Bidang Kesehatan

Pada bidang ini banyak sekali manfaat yang dapat di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit. Biasanya orang-orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang  tradisional. Kita juga dapat mencari tips agar kondisi badan selalu bugar, tips menggemukan /menguruskan badan, juga tips untuk menambah tinggi dengan cepat.

• Bidang Jual Beli

Bidang yang banyak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama-sama senang, sebagai contoh; pembeli yang punya sifat malas untuk datang ke store-store yang menjual barang yang di inginkan dapat mengakses website store yang memiliki barang tersebut. Pembeli cukup melihat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesanan di website tersebut. Transaksi pembayaran dilakukan dengan menggunakan ATM/ebanking dll. Manfaat yang dirasakan penjual pun berbanding lurus dengan pembelinya, yaitu dia dapat menjual barang ke manapun dan tidak terbatas di kotanya saja, (jangkauan wilayah jadi lebih luas). Salah satu  forum jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu kaskus!

Kerugian New Media
• Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini kerugian dari New Media di antaranya adalah , berkurangnya orang membeli buku, sehingga penghasilan penerbit dan pengearang buku jadi turun drastis. Selain itu dampak buruknya bagi pelajar yaitu, pelajar jadi males untuk belajar dan membuka buku, mereka hanya mengandalkan internet karena lebih praktis.

• Bidang Pencarian Kerja
Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

• Bidang Silaturahmi
Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.dan juga Kemajuan TIK pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.selain itu, Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.

• Bidang Kesehatan
Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.Selain itu juga penghasilan para dokter tradisional semakin menurun, karena resep yang di miliki dokter itu sudah tersedia di internet!

• Bidang Jual Beli
Dalam bidang ini, Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar. Akibat lainnya adalah banyak orang yang tertipu dengan barang yang di jual di secara online(barangnya ada yang cacat atau malah barangnya tidak di kirim)!



Add Your Comments

Disqus Comments