Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah salah satu bagian dari ilmu
komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti
manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir. Salah satu unsur yang
berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan
buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya
manusia.
Game merupakan kata
dalam bahasa inggris
yang berarti permainan. Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan
aturan tertentu sehingga ada
yang menang dan
ada yang kalah,
biasanya dalam konteks
tidak serius atau dengan
tujuan refreshing. Suatu cara
belajar yang digunakan
dalam menganalisa interaksi
antara sejumlah pemain maupun perorangan
yang menunjukkan strategi strategi yang rasional
Game AI (Artificial
Intelligence) adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang
terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang
merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable
Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan
permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa
digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media
interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Namun,
biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi
data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin
komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree
yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses
memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol
game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan
penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan
Dalam perkembangannya kecerdasan
buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
- Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
- Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
- Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
- Robotika & Sistem Sensor.
- Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
- Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
- Game Playing.
- Soft Computing
Kelebihan Kecerdasan Buatan
- Lebih bersifat permanen
- Lebih mudah diduplikasi & disebarkan.
- Lebih murah.
- Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
- Dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat komputer dapat di dokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia.
Point Blank
Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang
dimainkan secara online. Game point blank memang sedang di gemari oleh banyak
orang. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan
dipublikasikan oleh NCSoft. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara
Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force(CT-Force).
Terbentuknya
Free Rebels – Semakin bertambahnya imigran yang tidak mendapatkan pekerjaan dan
terusir dari masyarakat, sehingga untuk bertahan hidup para imigran kemudian
melakukan berbagai macam tindak kriminal dari perampokan hingga pengedaran
obat-obatan terlarang. Aksi kriminal ini berkembang menjadi gerakan yang
teroganisir hingga terbentuk organisasi yang dinamakan Free Rebels. Tujuannya
tidak lain untuk menguasai seluruh perdagangan obat terlarang dan senjata di
seluruh dunia serta menciptakan rasa takut bagi masyarakat.
Terbentuknya
CT-FORCE – Akibat konflik dengan imigran yang semakin meluas, pemerintah
memutuskan dibentuk suatu organisasi khusus untuk menghadapi para teroris.Sejak
dibentuknya organisasi ini, mereka mulai mencari informasi dan keberadaan dari
organisasi teroris yang dinamakan Free Rebels. Sejalan dengan meningkatnya
ancaman teroris tersebut, pemerintah kemudian mengirimkan bantuan pasukan
terbaik yang pernah ada di pemerintahan yang kemudian datang dan bergabung serta
berganti nama menjadi CT-FORCE (Counter Terrorist Force).
Point Blank memiliki 7 mode
permainan, yaitu:
- Death Match: Bunuh pemain musuh hingga skor tim-mu mencapai nilai yang ditentukan atau berusahalah menjadi tim dengan skor terbanyak saat waktu permainan habis.
- Bomb Mission: Tujuan tim Free Rebels adalah untuk meledakkan area yang disebut bombsite dengan C4, sementara tujuan tim CT-Force adalah mencegah tim Free Rebels meledakkan bombsite.
- Destroy Mission: Hancurkan objek yang menjadi target dalam mode ini.
- Eliminate: Habisi semua musuh yang ada untuk memenangkan ronde.
- Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
- AI Mode: Dalam mode ini, para pemain diharuskan untuk melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer (AI). Mode AI terdiri dari Level 1 hingga Level 10, dimana semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula tingkat kesulitan musuh AI. Mode ini telah dihapus dari Point Blank Indonesia karena ada bug yang membuat experience dan point yang seharusnya tidak didapat bisa didapat.
- Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
- Sniper Mode: Hanya senjata tipe sniper rifle saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
Game Labirin
Ini adalah sebuah game
dimana terdapat sebuah map berbentuk labirin dengan tembok-tembok besar yang
mengelilingi area, dimana gameplay yang ditawarkan adalah untuk mencapai tujuan
berupa lubang untuk masuk ke level selanjutnya tanpa diketahui penjaga yang
mondar-mandir.Disini agen diberi 3 selimut yang berfungsi untuk bersembunyi di
balik semak, agen dapat menambah selimut dengan mengambilnya saat menemukan
diperjalanan, Agen memiliki jarak pandang sejauh 3 petak sedangkan penjaga
memiliki jarak pandang 2 petak, apabila agen mendeteksi penjaga maka ia
langsung bersembunyi apabila memiliki selimut/lari dengan dikejar penjaga jika
tidak bisa bersembunyi berharap menemukan selimut diperjalanan.
- Map berbentuk Labirin.
- Waktu malam hari ,Agen hanya bermodalkan senter dan selimut.
- Agent bertujuan untuk keluar dari labirin tanpa ketahuan penjaga dengan masuk kedalam lubang.
- Penjaga akan mondar-mandir di area random
- Agen memiliki 3 selimut untuk bersembunyi.
Game Tic Tac Toe
Pada salah
satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan
dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini
berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan
tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk
game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan
representasi berbeda.
Minimax yang
merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu
game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah
diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak
menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di
masa depan.
Game Pacman
Contoh game
sederhana yang melakukan pendekatan AI adalah game PacMan, pemanfaatan AI dalam
game ini digunakan untuk mencari jalur terpendek untuk menentukan targetnya.
Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu-hantu (komputer) yang menjadi musuh
Pacman dapat mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap
dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika sang Pacman memakan bola yang
bisa membuat si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera
menghindari sang Pacman secepatnya. Tindakan seperti itu memang terlihat mudah
namun pada kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatan
hal tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi
orang awam.
Kesimpulan
Sebuah komputer melakukan
hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Dengan dibuatnya kecerdasan buatan
untuk membuat komputer lebih cerdas, mengerti tentang kecerdasan, dan membuat mesin
lebih berguna. Dan sangat
berguna untuk membantu maju nya perkembangan teknologi. Setiap hasil karya dari
dibuatnya game tentunya masih jauh dari sempurna dan masih ada
hal-hal yang perlu dikembangkan.
Refrensi
:
Add Your Comments