Mobile Computing



Pada postingan kali ini saya akan menjelas tentang mobile computing, selain itu saya juga akan memberikan contoh-contoh aplikasi mobile computing dan perusahaan yang menerapkan mobile computing. Berikut penjelasannya selamat membaca.


Mobile Computing
Berdasarkan kata Mobile memiliki arti bergerak kemana saja dan bisa dilakukan dimana saja, dan sedangkan computing artinya suatu perhitungan yang dilakukan komputer. Maka padat disimpulkan mobile computing adalah suatu proses perhitungan komputer yang padat dilakukan dimana saja dan kapan saja sehingga mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan sesuatu. Mobile computer ini dapat berupa laptop, smartphone, smartwatch, dan wearable computer lainnya.

Aplikasi yang menerapkan mobile computing
saya mengambil satu contoh aplikasi mobile computing yaitu aplikasi Microsoft remote desktop, Microsoft remote desktop berbasiskan RDP (Remote Desktop Protocol) sehingga dapat melakukan remote ke semua versi windows yang sudah mengaktifkan fungsi remotenya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer dari jarak jauh. Pada versi sebelumnya, microsoft remote desktop hanya tersedia dalam bentuk aplikasi komputer desktop saja. Namun kini aplikasi ini sudah tersedia pada perangkat mobile sehingga dapat mempermudah mengguna untuk menggunakan aplikasi ini karena padat mengontrol komputer dimana saja selama menggunakan koneksi yang sama dengan dektop yang akan di remote.

Perusahaan yang menerapkan mobile computing
https://lh4.ggpht.com/4cs3hqLvYd22CoQbFOTtxCpDAxjELXUJbob3RSM-gKOjUpaBlTEvVa8nQPw3gwOeDqA=h900Perusahaan yang saya bahas adalah Bank Mandiri, pada saat ini bank mandiri sudah menerapkan mobile computer yang disebut dengan madiri mobile. mandiri mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone  (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan.
Dengan mandiri mobile pengguna dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitur menarik lainnya .
Untuk menggunakan layanan ini, pengguna perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.

Refrensi :
https://www.microsoft.com/en-us/store/apps/remote-desktop/9wzdncrfj3ps
http://www.bankmandiri.co.id/article/mandirimobile.aspx 


Add Your Comments

Disqus Comments